Daftar Blog Saya

Selasa, 31 Januari 2012

KATA PENGANTAR

KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Alloh SWT. bahwa penulis telah menyelesaikan tugas mata pelajaran mulok PLH dengan membahas penyakit endemik dalam bentuk makalah.
Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.    Dosen Pengampu studi Mulok PLH yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada penulis sehingga penulis termotivasi dan menyelesaikan tugas ini.
2.    Orang tua yang telah turut membantu, membimbing, dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai.
Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai, Amiin.

Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Alloh SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Pengaruh Kesejahteraan dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SMP Nesaci Ciawi Kabupaten Tasikmalaya”.
Penulisan makalah adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Nesaci Ciawi Tasikmalaya.
Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan penelitian ini, khususnya kepada :
1.    Ibu Nesaci  Selaku Kepala Sekolah SMP Negeri Nesaci Ciawi Tasikmalaya serta segenap jajarannya yang telah memberikan kemudahan-kemudahan baik berupa moril maupun materiil selama mengikuti pendidikan di SMP Nesaci Ciawi Tasikmalaya.
2.    Bapak Nesaci, Ph.D., selaku Wali Kelas X SMPN Nesaci Ciawi Tasikmalaya
3.    Ibu Nesaci, S.Pd. selaku Guru Mata Pelajaran yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pkiran dalam pelaksanaan bimbingan, pengarahan, dorongan dalam rangka penyelesaian penyusunan makalah ini
4.    Rekan-rekan semua di Kelas X SMPN Nesaci Ciawi Tasikmalaya
5.    Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada penulis, baik selama mengikuti perkuliahan maupun dalam menyelesaikan makalah ini
6.    Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan dalam penulisan makalah ini.
Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.


Temuan revolusioner Howard Gardner tentang multiple intelegency telah merubah paradigma kecerdasan manusia. Gardner dengan gamblang membuka mata dunia, bahwa kesuksesan manusia tidak hanya didukung oleh kecerdasan intelektual saja. Konsep multiple intelegency kini digalakkan di berbagai belahan dunia. Ada berbagai kecerdasan yang dapat mengantarkan kesuksesan seseorang di dalam hidupnya:

1.    Kecerdasan Linguistik Adalah kemampuan membaca, menulis, dan berkomunikasi. Contoh: pengarang, sastrawan, editor,penyair, penyiar, orator, dan wartawan.
2.    Kecerdasan Logika Matematika Adalah kemampuan dalam logika dan rasionalitas. Contoh: ahli teknik, ahli fisika, pemrogram, akuntan, pialang saham, dan ahli statistik.
3.    Kecerdasan Kinestesis Adalah kemampuan mengendalikan dan mengolah gerak tubuh.  Contoh: olahragawan, penari, pengrajin, pemahat, maupun dokter bedah.
4.    Kecerdasan Spasial Adalah kemampuan melihat, merancang, menganalisis, dan menentukan objek dari berbagai sudut pandang. Contoh: arsitek, pelukis, desainer, ahli fotografi, dan pilot.
5.    Kecerdasan Musikal Adalah kemampuan mengolah nada, irama, dan vokal. Contoh: musisi, penyanyi, komposer, dan pencipta lagu.
6.    Kecerdasan Intrapersonal Adalah kemampuan memahami, mengenal, dan mengendalikan diri agar dapat berprestasi di bidang yang ditekuni. Contoh: orang yang berprestasi di bidangnya.
7.    Kecerdasan Interpersonal Adalah kemampuan mengenal, memahami, membina, dan bekerjasama dengan orang lain.  Contoh: pemimpin, pebisnis, psikolog, ahli pemasaran, dan negosiator.
8.    Kecerdasan Natural Adalah kemampuan mengenal, memahami, dan berinteraksi dengan alam.  Contoh: ahli geologi, kehutanan, biologi, pertanian, dan dokter hewan.
9.    Kecerdasan Spiritual Adalah kemampuan mengenal dan memahami jatidiri manusia sebagai makhluk Tuhan.

Matematika bagi sebagian anak merupakan sesuatu yang sangat sulit, bahkan menakutkan!
Di sisi lain, dunia anak adalah dunia bermain. Critical point yang dianjurkan para pakar
pendidikan untuk melejitkan kecerdasan logis-matematis adalah menjadikan anak mencintai matematika. Mencintai matematika bagi anak-anak dengan pendekatan permainan
matematika.

Mainan Edukasi Kecerdasan Anak Usia Dini Matematika PAUD A ini dirancang sesuai
kurikulum standar kompetensi pendidikan anak usia dini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar