Daftar Blog Saya

Senin, 23 Januari 2012

PROPOSAL


Mengenal Web Browser
Bagaimana cara anda mencari informasi selama ini? Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, andai bisa menjelajah internet dengan menjalankan web browser dan membuka situs yang memiliki mesin pencari. Setelah menemukan informasi yang dicari, Anda akan dapat menyimpan informasi tersebut.
Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informative.
Dengan menggunakan web browser, para pengguna internet dapat mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet dengan mudah. Beberapa contoh web browser diantaranya Internet Explorer, Mozilla, Firefox, Safari, Opera, dll.
Hal yang perlu diketahui dalam pencarian suatu informasi adalah pemahaman tentang struktur alamat web, misalnya http://www.kumpulanistilah.com. Alamat tersebut dapat kita artikan sebagai berikut:
http, yaitu service transfer web (protocol)

www, (world wide web), yaitu jaringan situs web terbesar sebagai pengelola pengalamatan situs web di internet.
Kumpulanistilah disebut wilayah (domain), yaitu sebuah nama yang digunakansecara institusi untuk situs webnya.
Com, merupakan nama terakhir sebuah domain, biasanya menunjukan bidang usaha situs web bersangkutan.

Contoh beberapa domain name antara lain:

Net, = Penyedia jasa koneksi internet.

Edu, atau ac, = Lembaga pendidikan atau universitas.

Co, com, = Perusahaan komersial.
J J
Or,org, = Organisasi nonprofit atau yayasan.

Mil, = Lembaga kemiliteran.
Web Browser atau yang lebih dikenal browser adalah suatu program atau aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi Internet atau untuk mencari sebuah informasi dari suatu halaman Web/Blog. Awalnya Web Browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, Web Browser sekarang tidak hanya menampilkan text dan gambar tetapi juga file multimedia seperti video dan suara. Browser juga dapat mengirim dan menerima e-mail, mengelola bahasa HTML (Hyper Text Markup Language) sebagai input, dan menjadikan halaman Web sebagai hasil output yang informatif.
Browser juga bisa disebut sebagai Jembatan antara pengguna Internet dengan Internet tanpa browser ini mustahil para pengguna internet dapat memanfaatkan Internet. Dengan menggunakan web browser ini juga, para pengguna Internet juga dapat mengakses dan memanfaatkan berbagai informasi yang terdapat di Internet dengan mudah.

Cara Kerja Web Browser
Di sini akan sedikit diuraikan bagaimana suatu halaman website bisa ditampilkan di layar monitor.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiS7CVDqbLxWRL1edRLz23lOH0jUDyiSrQ2iZ09naYdxKfxnme7gbxzFvKiDNEV9_yOei1vAWfFFa5L64zyWBGaMGSqN48uLg4gJx-B9dzgnHXBMB3Bt7olgnV3JJjBP9eV5WIeEDxARLk/s320/1.JPG




Misalkan seorang yang bernama A ingin membuka sebuah blog, kemudian dia akan mengetikkan alamat url dari blog yang dituju pada browser. Kemudian alamat tersebut akan dilewatkan oleh suatu protocol HTTP melewati port 80 atau 443 pada server. Web browser akan mengirimkan suatu aturan yang biasa disebut protocol, protocol yang biasa digunakan adalah TCP/IP. Setelah dikirimkan ke web server, maka web server akan merespon request dari web browser tersebut. Web server akan memeriksa web file, apakah ada atau tidak alamat yang di request oleh browser tadi dan mengirimkan kembali, lalu browser akan menerjemahkan coding HTML yang dikirimkan oleh server menjadi suatu halaman web. Namun jika halaman tersebut tidak ada di dalam web server maka respon yang dikirimkan berupa pesan dengan kode 404 yang berarti tidak ditemukan.
Beberapa contoh Web Browser yang ada
1) MOZILLA FIREFOX --> Cepat, aman dan kaya tampilan.
2) OPERA --> Cepat dan tampilan halaman yang web yang optimal dan memukau.
3) INTERNET EXPLORER --> Web browser bawaan windows.
4) SAFARI --> Web browser khas macintosh.
5) GOOGLE CHROME --> Web browser yang dikembangkan oleh google.
6) AVANT BROWSER --> Web browser berbasis internet explorer namun dengan tampilan
yang lebih elegan
7) FLOCK --> Web browser yang ditujukan buat penggila social enginering.
Web Browser atau dalam bahasa indonesia disebut Penjelajah web adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Beberapa internet browser yang populer antara lain adalah Mozilla Firefox, Internet Explorer.


Penjelajah web pertama kali berbasis teks, baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, seorang mahasiswa bernama Marc Andressen dari University of Illinois di Urbana-Champaign Amerika Serikat, membuat sebuah penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif), penjelajah web tersebut dinamai Mosaic.
Selanjutnya Marc ditawari oleh Jim Clarc, salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI), untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication. Marc membuat sebuah penjelajah web populer pertama yang digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator.
Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan penjelajah web komersial, akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara gratis. Sementara itu, penjelajah web Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi penjelajah web komersial.
Microsoft, yang terlambat turun di pasar penjelajah web, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk penjelajah webnya, yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara web browser populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer.

Artikel Yang Mungkin Berhubungan Dengan Web Browser dan Sejarahnya

·         Tentang HTML (Hypertext Markup Language)

Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari ...

·         Windows dan Sejarahnya

Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik GUI (Graphical User ...

·         UNIX dan Sejarahnya

UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1970. Linux adalah salah satu sistem operasi yang diadopsi dari Unix, ...

·         Tentang Website

Website pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Sebuah Situs, atau biasa ...

·         Sejarah Mikrotik

Dalam dunia router, mesin yang berfungsi mengarahkan alamat di Internet, Cisco merupakan nama yang sudah tidak diragukan lagi. Tetapi di dunia lain, nama Mikrotik, yang ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar